PENDIRIAN YAYASAN

Dasar Hukum

Dalam pembuatan yayasan sendiri, ada beberapa dasar hukum yang menyertainya. Undang-Undang No.28 Tahun 2004, yang berkaitan dengan perubahan UU No 16 Tahun 2001, mengenai yayasan dan PP No.63 Tahun 2008, yang berkaitan dengan pelaksanaan UU yayasan.

Prosedur

Syarat mendirikan yayasan memang bukanlah hal yang mudah untuk beberapa orang. Mereka yang paham akan urusan hukum merupakan pihak yang mengerti dengan jelas akan syarat dan prosedur pendirian yayasan. Jika tidak paham akan hal-hal tersebut, tidak ada salahnya untuk menyerahkan hal tersebut kepada pihak yang paham akan prosedur pendirian yayasan tersebut. Pihak pembuat perijinan pembangunan yayasan juga akan memberikan biaya pendirian yayasan yang bersahabat.

Syarat yang harus di penuhi 

PENENTUAN NAMA YAYASAN

Nama yayasan yang akan didirikan harus disiapkan oleh pendiri. Sekedar informasi, tidak semua pilihan nama yayasan akan langsung disetujui. Bisa saja tidak disetujui karena berbagai alasan dari departemen hukum dan HAM, salah satunya nama sudah dipakai. Jadi, siapkan nama yayasan yang akan didirikan minimal 3 nama sebagai opsi. Tidak hanya itu, logo yayasan pun harus disiapkan.

SYARAT ADMINISTRATIF PENDIRI

Bagi sekelompok orang yang belum memiliki struktur yayasan yang jelas, maka segera putuskan stuktur organisasi yayasan terutama tentukan pendiri, Pembina, dan juga pengurus harian lainnya minimal 5 orang. Jika sudah, siapkan fotokopi KTP semuanya, foto berwarna ukuran 3 x 4 sebanyak 4 lembar, serta fotokopi NPWP pendiri atau ketua.

PENENTUANG BIDANG

Sudah pasti, bidang yang akan dijalani harus jelas misalnya yayasan yang akan bergerak dibidang agama Pesantren atau lainnya

PERGI KE NOTARIS

Dokumen dokumen yang telah disebutkan tadi dibawa ke notaris. Jika sudah lengkap, langkah selanjutnya adalah menunggu notaris mengajukan seluruh dokumen pendirian yayasan ke Departemen Hukum Dan HAM. Butuh waktu yang lumayan lama, sekitar 2 minggu jika lancar karena perlu pengecekan nama yayasan. Jika disetujui, akan ditandatangai dihadapan notaris.

ANGGARAN DASAR

Anggaran Dasar dari yayasan yang telah disetujui ditandatangani oleh pendiri atau ketua dan semua pengurus harian. Lalu, anggaran dasar tersebut akan diajukan oleh notaris ke pihak kementrian Hukum Dan HAM untuk memperoleh pengesehan Menteri.

BIAYA PENDIRIAN YAYASAN

Seperti yang dijelaskan tadi, tidak ada yang susah untuk mengajukan pendirian yayasan. Hanya saja, bagi anda yang tidak terbiasa dengan urusan hukum dan syarat syarat administrasi, bisa menyerahkannya pada notaris atau jasa pembuatan pendirian yayasan. Jangan ragu untuk mengggunakan jasa pendirian yayasan. Karena selain biaya pendirian yayasan tidaklah mahal, urusan pendirian yayasan pun akan berjalan dengan sangat lancar.

Saat ini telah tersedia banyak sekali jasa pendiri yayasan yang memberikan biaya pendirian yayasan yang menarik. Jika Anda menggunakan jasa kami, besaran biaya yang dikeluarkan adalah Rp.6.000.000,- dengan waktu pengerjaan 3 hari kerja.

Dokumen yang di peroleh antara lain :

  • Akta Pendirian Yayasan dari Notaris
  • Surat Keterangan Domisili Perusahaan dari Kelurahan dan Kecamatan
  • Surat Keterangan Terdaftar/NPWP dari Kantor Perpajakan
  • Surat Keputusan Kementrian Hukum dan HAM Republik Indonesia
  • Pengumuman dalam lembaran Berita Negara RI dari Perum Percetakan Negara RI
  • Tanda Daftar Yayasan dari Dinas Sosial