PENDIRIAN PERSEROAN TERBATAS

Sekarang ini membuat PT baru menggunakan jasa notaris tidak lagi membutuhkan waktu lama. Tidak lebih dari 30 hari kerja, semua dokumen perusahaan, atau dokumen PT baru Anda sudah selesai dengan lengkap. Selain dari segi waktu pengerjaan yang cepat, biaya membuat PT baru juga terbilang cukup murah.

Pada tanggal 31 Maret 2017, Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly menerbitkan peraturan dalam PermenKumHam, No.3 Tahun 2017, tertulis biaya jasa hukum notaris bagi UMKM dengan modal dasar paling banyak Rp 25 juta hanya dikenakan Rp 1 juta. Sementara, untuk UMKM bermodal dasar paling banyak Rp 1 miliar, dikenakan Rp 5 juta,

Kebijakan ini dibuat merupakan salah satu upaya untuk mendorong dan memberikan kemudahan berusaha (Ease of Doing Business,/ atau EoDB), yang sudah ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo masuk dalam Paket Kebijakan Ekonomi IX.

Dengan ada kebijakan ini, diharapkan mampu mendukung perekonomian nasional secara menyeluruh dan mengarah ke yang lebih baik.

Jadi, bagi Anda yang ingin memulai usaha, atau mengembangkan usaha dengan modal terbatas tidak perlu lagi khawatir. Biaya membuat PT baru bisa ditekan lebih murah. Anda bisa mengandeng jasa notaris untuk membuat PT baru yang diinginkan.

BIAYA PEMBUATAN PT BARU DI NOTARIS

Jika ingin membuat PT baru, Anda harus menggunakan jasa notaris untuk mendapatkan beberapa dokumen penting, minimal untuk mendapatkan Persetujuan Pemakaian Nama Perseroan, pembuatan Akta notaris, dan pengumuman BNRI.

Jika merasa kesulitan atau tidak cukup waktu dalam mengurus pembuatan PT baru yang diinginkan, Anda bisa mengandeng jasa notaris untuk membuat PT secara keseluruhan. Anda tidak perlu lagi disibukan dengan pengurusan berbagai dokumen secara keseluruhan.

Cukup dengan melengkapi semua persyaratan di notaris, semua dokumen PT terbaru Anda terselesaikan dengan jangka waktu yang telah ditetapkan.

Bagaimana dengan biaya? Berikut ini kami rangkum daftar biaya membuat PT baru menggunakan jasa notaris….

  1. Biaya pembuatan Akta & SK pendirian PT lokal/umum, Rp.3.500.000,- dengan proses pengerjaan (3 hari kerja).
  2. Biaya pembuatan Akta & SK pendirian PT PMA (Penanaman Modal Asing), Rp.5.500.000,- dengan proses pengerjaan (3 hari kerja).
  3. Biaya pengurusan SIUP & TDP, lengkap (jika Anda membutuhkan), Rp.4.000.000,- dengan proses pengerjaan (2 minggu, hari kerja).

Biaya Membuat PT Baru (Paket Lengkap) Berdasarkan Daerah

  • Biaya membuat PT (Perseroan Terbatas) untuk daerah;
  1. Jakarta,                         Rp.13.000.000,-
  2. Bogor,                          Rp.15.000.000,-
  3. Tangerang Selatan,    Rp.13.000.000,-
  4. Bekasi,                         Rp.14.000.000,-

***Waktu pengerjaan yang dibutuhkan (1 minggu, hari kerja).

Dokumen yang diperoleh;

  1. Akta pendirian perusahaan dari notaris
  2. SK kehakiman
  3. Surat Keterangan Izin Usaha
  4. NPWP perusahaan
  5. SIUP
  6. TDP
  7. Berita Negara Republik Indonesia
  • Biaya membuat PT PMA (Penanaman Modal Asing), Rp.37.000.000,- dengan waktu pengerjaan yang dibutuhkan (5 minggu, hari kerja).

Dokumen yang diperoleh;

  1. Akta pendirian perusahaan dari notaris
  2. Izin Prinsip dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM)
  3. Surat keterangan domisili perusahaan
  4. NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) perusahaan
  5. SK pengesahan dari Kementerian Hukum dan Ham
  6. TDP (Tanda Daftar Perusahaan)